Tuesday 7 June 2011

Bahaya Thirdhand Smoke

Asap rokok bisa menempel lama di dinding ruangan, perabot, maupun baju. Ini disebut asap thirdhand smoke. Peneliti dari LA Bio Med, Amerika Serikat, menyatakan bahwa komponen beracun pada thirhand smoke bisa menimbulkan gangguan serius pada perkembangan paru janin.
Selain itu, bisa pula berkembang menjadi asma dan masalah pernafasan lainnya. Paparan terhadap komponen thirdhand smoke selama kehamilan akan mengganggu fungsi paru anak yang lebih hebat daripada paparan masa kanak-kanak.

Thirdhand smoke terdiri dari racun tembakau dengan partikel yang lebih kecil dan memiliki molekul lebih berat, sehingga lebih berbahaya terhadap asma dibandingkan paparan asap rokok 'biasa' (firsthand atau secondhand). Hal ini sangat mengkhawatirkan karena kita terus terpapar tanpa menyadarinya, mengingat thirdhand smoke 'bersarang' di permukaan perabotan dan dinding ruangan tempat beraktivitas sehari-hari. Bagi kelompok yang rentan terhadap gangguan pernafasan seperti wanita hamil, bayi, anak-anak dan lansia, tentu hal ini sangat berbahaya. Dan celakanya lagi, rerata debu yang dihirup bayi, dua kali lebih banyak dibandingkan orang dewasa.
Ibu hamil sebisa mungkin menjaga lingkungan rumah dan asap rokok. Jika ada anggota keluarga/tamu yang merokok, mintalah mereka merokk diluar ruangan. Anak-anak dan keluarga harus dilindungi dari bahaya asap rokok.

1 comment: